Selasa, 28 Juni 2011

BUDIDAYA IKAN MAS DIKABUPATEN BANDUNG BERHASIL "METODE PLASMA" TANPA BIMBINGAN PEMERINTAH TERKAIT, Laporan : Wansubhan Kab Bandung Trans Online

Transaktual.

Pak Cecep dan para Rekan rekannya begitu pula dengan Pak Aan petani Ikan Mas sabtu 18/06/2011 mengatakan Alhamdulillah bibit ikan Mas ini hingga saat ini mampu bertahan berkat bingbingan pengusaha swasta yang sudah berhasil dan mampu membuktikan bahwa bibit mulai dari sel telur hingga beranak.

Tampaknya
Para Petani Ikan di Kabupaten Bandung kini mulai bisa bernapas lega betapa tidak Pasalnya setelah sekian lama mengalami kegagalan hingga pemasaran dengan harga yang merosot dari tahun ketahun yang pada akhirnya mereka didera kebangkrutan, namun kini sebagian para Petani ikan patut berbangga hati dengan adanya metode Plasma (pembenihan pendederan, kebul/anak ikan mas hingga menjadi daging untuk dipasarkan) yang baru pertama kali di Jawa Barat khususnya di kabupaten Bandung.


Diantaranya ada tiga titik menjadi sentral Pembenih Ikan yang berhasil dan mampu mengembang biakan mulai dari kecamatan Majalaya, kecamatan Ciparay dan kecamatan Ibun Kabupaten Bandung, dalam hal ini wartawan melakukan komfirmasi kepada sebagian para petani Ikan Mas yang berhasil/mampu untuk berdikari tanpa campur tangan bimbingan dari instansi terkait, dalam hal ini Petugas Penyuluhan Lapangan dan dari Balai Benih Ikan ( BBI ) dibawah Dinas Perikanan.

Pak Cecep dan para Rekan rekannya begitu pula dengan Pak Aan petani Ikan Mas sabtu 18/06/2011 mengatakan "Alhamdulillah" bibit ikan Mas ini mampu bertahan, berkat bimbingan pengusaha swasta yang sudah berhasil dan mampu membuktikan, bahwa bibit mulai dari sel telur hingga beranak.

Seekor ikan Mas mampu bertahan hingga tiga puluh hari belum dipindahkan dan tidak mati tak khawatir tentang pemasarannya karna harga saat ini melonjak naik Rp.12.000,- per cangkir/gelas yang sebelumnya harga bibit ikan hanya diterima dipasaran Rp.7000,-hingga 7500,-per cangkir/gelas.

Yang sangat menggembirakan dan perlu digaris bawahi berkat ketekunan mereka (Cecep, Aan dkk...red) dapat mengembangbiakan dari nol hingga sekarang tidak ada bimbingan, penyuluhan dan supplay benih ikan dari instansi Pemerintah dalam hal ini Kabupaten Bandung.

"Bisa dikros chek ketempat, bahwa para petani ikan mas mampu dengan resep yang diberikan tanpa bantuan unsur pemerintah" ujar Pak Cecep dkk.

Yang pasti keberhasilan para petani Ikas Mas ini patut diacungkan jempol, dengan hanya mengikuti beberapa petunjuk dari salah satu pengusaha sukses dengan penuh percaya diri, ulet rajin dalam memberikan Pakan Ikan Insya Allah hasilnya sangat memuaskan.

Lalu bagaimana dengan Program Pemerintah terkait dengan keberhasilan para petani Ikan Mas, menurut mereka tidak ada dibimbing apapun padahal Pemda Kabupaten Bandung dalam hal ini Dinas Perikanan, tersiar kabar akan memprogramkan tentang budi daya Ikan Mas'. (wansubhan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar